Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Jumat, 13 Agustus 2010

Sehatkan Tubuh dengan Peregangan Kilat di Meja Kantor

Setiap hari kita menghadapi jadwal kerja yang sudah tersedia. Setiap hari, kadang saking sibuknya, kita tidak memperhatikan kondisi tubuh kita sendiri. Bagi karyawan, ini artinya lebih banyak duduk di belakang meja komputer. Akhirnya semakin tegang pula otot leher, bahu, dan punggung kita. Ketidaknyamanan fisik ini membuat hari semakin tidak menyenangkan.

Dalam mengatasi hal tersebut, mari kita lakukan peregangan berikut ini tanpa harus meninggalkan meja kerja kita. Latihan ini hanya membutuhkan waktu 30 detik, Gerakan peregangan ini baik untuk punggung, leher, dan pinggul kita. Kekuatan utama dari gerakan ini adalah membantu kita merasa cukup tenang dan membiarkan nafas kita lebih lambat dan dalam. 

Trik ini juga sangat ampuh untuk mengatasi stres. Berikut langkah-langkah peregangan yang bisa kita lakukan di meja kerja :
  • Mundur sedikit ke bagian belakang bangku, dan usahakan paha kita berada di atas dudukan bangku.
  • Pastikan kedua telapak kaki menempel dan beristirahat di lantai. Jika belum bisa, turunkan bangku kita sedikit.
  • Buka lebar lutut dan pastikan kedua telapak kaki berada tepat di bawah lutut.
  • Tekuk badan dari pinggang ke arah depan, rebahkan torso hingga kepala berada di antara kedua paha. Biarkan kedua tangan di atas kepala, lalu bawa ke bawah menempel lantai.
  • Diamkan tubuh kita dalam posisi ini dalam beberapa saat, biarkan tubuh kita terbiasa dengan situasi yang baru.
  • Ketika pernapasan kita sudah lebih lambat dan panjang, lanjutkan dengan memanjangkan tulang punggung kita setiap kali menarik napas. Dan lepaskan otot kita setiap membuang napas.
  • Lakukan pemanjangan tulang belakang, setidaknya hingga 10 tarikan napas yang dalam.
  • Ketika mengangkat badan ke atas, tetap usahakan tulang punggung melengkung. Biarkan punggung bagian bawah sampai pada sandaran bangku terlebih dahulu, lalu disusul dengan punggung bagian tengah dan kemudian baru tulang belikat. Terakhir, bawa kepala kembali ke posisi awal.

Nah, sekarang Anda dapat segera melakukan latihan ini secara rutin dimulai dengan hari ini. Cukup dengan menyediakan waktu selama 30 detik, Anda dapat merasakan enaknya manfaatnya pada tubuh Anda, hanya dengan peregangan di belakang meja kerja. Selamat mencoba!

Source : kompas/lh3

by :Indra putra

Tidak ada komentar: