Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Jumat, 27 Agustus 2010

Rekomen dalam Merawat Anak dengan Baik

Keputusan untuk menyerahkan pengasuhan anak kepada orang lain, harus dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh. Kita sebagai orangtua harus melihat apa yang terbaik buat anak-anak kita. Berikut ini beberapa saran yang dianjurkan untuk dapat Anda ikuti, yaitu :
  • Berdasarkan umur
Selama tahun pertama usianya, jangan satu kali pun menitipkan anak Anda di tempat penitipan resmi manapun atau menitipkannya kepada babysitter. Aturlah segala sesuatunya sedemikian rupa sehingga bayi Anda dapat selalu bersama salah satu dari Anda, kecuali ketika Anda memutuskan hal tersebut. Misalnya Anda ingin makan malam di luar rumah. Itupun dengan syarat Anda punya pengasuh bayi yang betul-betul sudah Anda kenal dan percayai.
Saat anak berusia satu tahun – paling banyak satu hari saja dalam seminggu Anda titipkan, itupun hanya sekitar 5 jam saja paling lama. Saat anak berusia dua tahun, paling banyak dua hari. Saat anak berusia tiga tahun, paling banyak tiga hari. Pada saat anak berusia empat tahun, paling banyak empat hari saja. Lamanya waktu untuk menitipkan pun jangan terlalu lama, sekitar 5-8 jam saja.
  • Berdasarkan jenis pengasuhan
Dalam urutan berikut ini, sumber pengasuhan anak yang paling baik untuk anak di bawah tiga tahun adalah :
Keluarga dekat atau teman dekat yang Anda percayai dan yang mencintai anak Anda
Pengasuh atau babysitter yang bekerja khusus buat menjaga anak Anda
Tempat penitipan anak yang berkualitas yang para petugasnya stabil atau tidak ganti-ganti, sehingga Anda mengenal mereka dan akrab.
Yang terakhir dalam pilihan tersebut adalah Anda bisa memilih tempat penitipan yang besar dan berkualitas. Bagi anak berusia tiga tahun ke atas, manfaat dari interaksi sosial, aktivitas yang terencana, ruang bermain beserta perlengkapannya, serta para petugas yang terlatih secara professional, semua itu merupakan bonus besar.
  • Berdasarkan keadaan Anda
Sebagaimana halnya kebutuhan anak, kebutuhan keluarga sebagai keseluruhan pun perlu dipertimbangkan, sebab anak akan menderita jika misalnya salah satu orangtua sakit, orangtua bercerai, orangtua terpaksa kehilangan harta karena tak berpenghasilan cukup.
Jika Anda tidak bekerja namun pasangan Anda bekerja dan menghasilkan uang yang cukup buat memenuhi kebutuhan keluarga, hal ini tidak terlalu menjadi masalah. Namun, jika sebaliknya maka criteria berikut ini tentu dengan sendirinya terpenuhi :
-         Membantu Anda bertahan hidup karena Anda dapat mencukupi kebutuhan hidup.
-         Memberi Anda waktu untuk memberi perhatian yang cukup kepada anak Anda yang lain.
-         Menyediakan berbagai hal untuk anak Anda, seperti sumber untuk hidup (bila miskin), stimulasi (bila terbatas di rumah), teman-teman (bila tinggal di tempat terpencil atau anak tunggal), dan sebagainya.
-         Membantu Anda menerapkan disiplin pada anak, menghargai keberadaan anak, dan keamanan.
-         Membangun hubungan berjangka panjang, para pengasuh dapat menjadi teman Anda dan juga teman bagi anak Anda.
-         Menjadi tempat yang bisa Anda kunjungi kapan saja, meluangkan waktu dengan anak Anda di sana, mengajukan permohonan tertentu untuk dipertimbangkan anak Anda atau memberitahunya tentang berbagai hal yang memperihatinkan.
Dengan menyeimbangkan berbagai kebutuhan anak dan perubahan situasi dalam keluarga, kita akan memperoleh informasi pilihan yang sesuai, yang semoga membuahkan hasil yang baik dan sesuai bagi kita.

Source : buku mendidik anak dengan cinta/lh3

by :Indra putra

Tidak ada komentar: