Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Jumat, 27 Agustus 2010

Supaya Tidak Menyesal Beli Rumah, Bijaklah Memilih Pengembang

Tentunya jika Anda ingin berinvestasi dalam suatu bangunan atau pun tanah, Anda perlu cermat dalam memilih pengembang (developer) yang ada. Mereka menawarkan tipe rumah dalam bentuk cluster yang luas dan tipe yang beragam. Yang perlu Anda cermati adalah Anda harus mendapatkan pegnembang yang dapat dipercaya dan handal. 



Berikut ini beberapa tips dalam memilih pengembang :
- Pastikan pengembang tersebut memiliki ijin pembangunan
- Sebuah pengembang yang baik memiliki kerjasama dengan sebuah bank. Setiap kerjasama yang dilakukan bank terhadap pengembang, pihak bank biasanya telah memeriksa dan mengevaluasi secara keseluruhan seperti luas tanah, status tanah, peruntukan tanah, fasilitas sosial, dan sebagainya sehingga melalui hal ini, Anda secara tidak langsung dapat mempercayai pengembang tersebut.

-  Pengembang memiliki sertifikat induk
- Bersedia mengadakan perjanjian dengan pembeli
- Sejauh mana pengembang akan melakukan pengurusan Pajak Bumi Bangunan (PBB) serta Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) terhadap rumah KPR tersebut.
Jadi, saat Anda memilih pengembang yang sesuai, saatnya Anda menentukan tipe rumah atau pun luas bangunan yang sesuai dengan kemampuan Anda. 

Biasanya, pengembang itu sendiri sudah menentukan berapa batas yang bisa Anda bayar secara kredit dengan perhitungan jika gaji Anda sejumlah tertentu.
Misalnya saja, gaji Anda Rp 1 juta. Anda ingin membeli sebuah rumah. Ada sebuah rumah yang bertipe 22 / 60 artinya luas bangunan 22 m2 dan luas tanah seluas 60 m2. Tentunya jika Anda membeli secara tunai, maka uang Anda tidak akan cukup untuk membelinya. Karena itu, Anda ingin beli secara kredit.
Rumah tipe 22 / 60 itu, dibuat perhitungan oleh pengembang. Jika Anda ingin kredit rumah selama 5 tahun, Anda harus membayar 1 juta / bulan. Ini tentunya tidak cukup buat Anda karena gaji Anda akan habis terpakai dan tidak bisa digunakan untuk biaya hidup Anda. Kredit rumah selama 10 tahun, Anda harus membayar Rp 500 ribu / bulan. Di tahap ini, Anda mungkin dengan berhemat luar biasa, Anda bisa membayarnya. Tapi pengembang tidak akan memperbolehkan Anda. Karena gaji minimal harus 4x lebih besar daripada nilai kredit Anda.
Maka, Anda perlu kredit rumah selama 15 tahun. Kredit ini dapat Anda bayar karena setoran yang perlu Anda lakukan setiap bulan selama 15 tahun adalah Rp 250 ribu. Selain Anda dapat sedikit lega dalam mengurus gaji dan pengeluaran Anda lainnya, hal ini juga sesuai dengan pengembang.

Jadi, pada akhirnya kecermatan dan pertimbangan yang matang sebelum menjatuhkan pilihan merupakan tindakan yang bijaksana saat memilih rumah idaman. Karena pembelian rumah merupakan investasi jangka panjang, maka jangan sampai anda kecewa di tengah jalan.

Source : tipsanda/lh3

by :Indra putra

Tidak ada komentar: