Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Rabu, 18 Agustus 2010

Kurangi Hipertensi dengan Kalsium, Magnesium, dan Kalium

Ketika membicarakan soal hipertensi, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu tekanan darah. Tekanan darah yaitu tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran.

Misalnya, ketika dokter menyebut 140/90 mmHg. Angka pertama (140) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung atau pada saat jantung berdenyut / berdetak, disebut tekanan sistolik atau tekanan atas. Angka kedua (90) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, disebut tekanan diastolik / tekanan bawah.

Berikut adalah ukuran dalam tekanan darah. Darah rendah berkisar antar : di bawah 90 / di bawah 60 (Angka pertama di bawah 90 dan angka kedua di bawah 60). Tekanan darah normal 90-120 / 60 – 80, pre-hipertensi ditunjukkan dengan 120-140 / 80-90. Hipertensi ditunjukkan melalui 140 – 160 / 90-100. Jika tekanan darah di atas itu, maka berada pada stadium yang berbahaya sehingga harus diperhatikan sungguh-sungguh.

Tekanan darah meningkat jika pembuluh darah Anda menyempit. Hal ini juga dipengaruhi jika jumlah darah yang mengalir bertambah. Sedangkan penyebab darah tinggi atau hipertensi , yaitu :
  • Keturunan, hal ini kemungkinan besar akan menyebabkan tekanan darah tinggi yang lebih besar. 
  • Usia juga menjadi penyebab utama. Penelitian menunjukkan semakin usia seseorang bertambah, semakin tekanan darah meningkat. Kedua penyebab ini tidak dapat Anda kendalikan, 
  • namun ada penyebab lain yang bisa Anda kendalikan. Garam, kolesterol, obesitas, stress, rokok, kafein, alkohol, dan kurang olahraga. Semua ini dapat Anda kendalikan jumlahnya.
Untuk mencegah darah tinggi, maka Anda dapat :

Mengurangi konsumsi garam dalam makanan Anda dan konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium, dan kalsium karena mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Kurangi minum minuman atau makanan beralkohol. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30ml alkohol per hari sedangkan untuk wanita 15ml per hari.

Tentu saja dengan berolahraga secara teratur selama 30-45 menit, 3 kali seminggu dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Ditambah lagi dengan makan sayur dan buah yang berserat tinggi. Jika stress, lakukan terapi atau lakukan hal-hal yang dapat menyenangkan hidup Anda. Terakhir, konsultasikan ke dokter jika Anda menerima pengobatan untuk penyakit tertentu.

Source : kumpulan.info/lh3


by :Indra putra

Tidak ada komentar: