Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Minggu, 22 Agustus 2010

Mau Buka Usaha? Bagaimana Caranya?

Jika ingin membuka suatu usaha, kadang kita kebingungan, “Berapa sih modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha?” Jawaban yang seringkali muncul adalah dalam jutaan, belasan, bahkan puluhan juta rupiah. Prinsipnya ada angka yang keluar. Umumnya, ketika kita ingin menjalankan bisnis, banyak di antara kita yang tidak tahu bagaimana cara menghitungnya. Berikut ini adalah cara menghitung modal yang Anda butuhkan bila ingin memulai suatu usaha, yaitu :
  1. Modal Investasi Awal
Ini adalah jenis modal yang harus Anda keluarkan di awal, biasanya dipakai untuk jangka panjang. Contohnya yaitu bangunan, peralatan seperti komputer, kendaraan, perabotan kantor, dan barang-barang lain yang dipakai untuk jangka panjang. Kalau Anda buka usaha bengkel motor, maka modal investasi awal Anda adalah bangunan, alat-alat perbengkelan, dan perabotan lainnya. Jika toko yang Anda buka maka Anda memerlukan investasi awal rak, meja, mesin kasir, dan tentu saja bangunan. Modal ini biasanya besar jumlahnya dan akan menyusut dari tahun ke tahun.
  • Modal Kerja
Modal kerja adalah modal yang harus Anda keluarkan untuk membeli atau membuat barang dagangan Anda dan harus dikeluarkan setiap bulan atau setiap ada order. Misalnya usaha Anda adalah tempat makan. Maka modal kerjanya yaitu membeli bahan makanan. Jika usaha Anda adalah jasa fotokopi, maka modal kerjanya yaitu membeli kertas, tinta, dan sebagainya.
Tanpa modal kerja, Anda tidak akan bisa menyelesaikan order Anda atau tidak memiliki barang dagangan. Bisa-bisa Anda tidak akan dapat pembeli karena barangnya saja tidak ada. Itulah pentingnya modal kerja. Jadi, sebelum Anda memulai usaha, pastikan modal kerja Anda ada.
  • Modal operasional
Modal operasional adalah modal yang harus Anda keluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari bisnis Anda. Contohnya pembayaran gaji pegawai, pulsa telepon bulanan, PLN, air, retribusi maupun keamanan. Modal operasional ini pada setiap bisnis umumnya hampir sama dan dibayar secara bulanan.
Gampang kan? Sekarang Anda bisa menghitung sendiri modal yang harus Anda keluarkan untuk memulai usaha. Tentu saja sebelumnya, pastikan dulu bisnis apa yang ingin Anda geluti agar Anda tahu berapa modal yang harus Anda keluarkan untuk itu.

Source : semuabisnis/lh3

by :Indra putra

Tidak ada komentar: