Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Jumat, 20 Agustus 2010

Tips Penyimpanan Makanan Untuk Menghentikan Pertumbuhan Bakteri

Beberapa jenis makanan perlu  dimasukkan ke dalam kulkas untuk membantu menghentikan pertumbuhan bakteri, seperti makanan dengan tanda 'digunakan hingga’, makanan matang dan siap saji seperti makanan penutup dan daging matang
  • Pastikan kukas memiliki suhu antara 0-5° C. Pastikan pintu kulkas tertutup sesering mungkin. Jika kulkas penuh, turunkan suhu untuk membantu menjadi cukup dingin
  • Ikutilah instruksi penyimpanan dari label yang tercantum pada setiap produk makanan. Jika tidak ada label dan termasuk makanan yang mudah basi, letakkan dalam kulkas dan makan dalam waktu dua hari,kecuali nasi masak yang harus dimakan dalam waktu sehari karena untuk mencegah keracunan makanan
  • Jangan tinggalkan makanan di luar kulkas selama lebih dari empat jam. Makanlah makanan sisa dala waktu dua hari, .
  • Simpan daging atau ayam mentah di dalam kotak yang bersih dan tersegel dalam laci bagian bawah agar tidak bersentuhan atau menetes ke makanan lainnya.
  • Untuk makanan beku, Anda dapat cairkan di dalam kulkas atau jika berencana untuk dimasak segera setelah dicairkan maka Anda dapat meletakkan di dalam microwave. Gunakan dalam 1-2 hari setelah dicairkan.
  • Untuk makanan kering, kaleng, dan minuman: Simpan di dalam kantong atau kotak yang bersih dan tersegel, jangan simpan dekat produk kimia, jangan simpan makanan di atas lantai, karena dapat mengundang tikus, semut dan hama. Jaga tempat penyimpanan tetap kering dan tidak terlalu panas.
  • Jika membuka kaleng makanan dan tidak akan segera dimakan, kosongkan makanan ke dalam mangkok atau kotak dan letakkan dalam kulkas.
  • Selalu beli dan masak makanan yang cukup untuk dimakan, jangan berlebihan. Jangan makan makanan atau minuman setelah tanggal ‘ digunakan hingga’ meskipun terlihat dan berbau baik.. namun jika Anda memasak atau membekukan sebelumnya , mungkin dapat bertahan lebih lama. ‘Baik digunakan sebelum’ berarti lebih ke kualitas dibandingkan keamanan. Tapi Anda seharusnya tidak makan telur setelah tanggal ‘baik digunakan sebelum’
  • Tidak semua plastik sesuai untuk digunakan bagi semua makanan.Ada tiga prinsip yang harus diingat ketika menggunakan plastik: jangan gunakan jika dapat meleleh ke makanan, seperti dalam oven atau teko, Anda dapat gunakan dalam microwave, tapi pastikan tidak menyentuh makanan.
  • Jangan gunakan pembungkus alumunium untuk makanan dengan kadar asam tinggi: tomat, kol, buah-buahan, karena dapat mempengaruhi rasa makanan.
by :Indra putra

Tidak ada komentar: