Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Rabu, 11 Agustus 2010

Jurus Ampuh Atasi Sifat Boros

Di masa dimana dunia sedang mengalami masalah keuangan dan pemerintah memperketat pengeluaran tentu kita harus bijak dalam mempergunakan uang. Namun, masalahnya adalah terkadang kita susah untuk menahan uang kita karena kita selalu ingin membeli barang-barang yang kita inginkan.

Sifat boros ini tentunya membahayakan, bukan hanya untuk diri kita saja tetapi juga orang-orang sekeliling kita. Coba pikirkan jika Anda adalah seorang istri dan Anda termasuk orang yang suka berbelanja, di suatu waktu uang Anda habis dan ternyata Anda anak sakit. Di saat yang sangat genting tersebut, salah satu jalan tercepat adalah dengan berhutang. Satu dua kali mungkin Anda bisa bayar hutang Anda itu, namun jika sikap boros Anda tidak berubah, Anda akan kehabisan bantuan juga untuk melunasi hutang-hutang Anda.
Tentu Anda tidak mau dalam kondisi diatas bukan? Oleh karenanya, berikut penulis uraikan beberapa jurus yang bisa membantu untuk mengatasi sifat boros Anda:

1. Buat batasan terhadap diri Anda sendiri.
Langkah pertama untuk mengatasi sifat boros Anda adalah dengan membuat batasan pengeluaran Anda. Anggarkan masing-masing kebutuhan Anda sesuai dengan pendapatan yang Anda miliki – berapa untuk persembahan dan perpuluhan gereja, berapa untuk kebutuhan rumah tangga, dan berapa untuk menabung.  Setelah Anda melakukannya, usahakanlah menaati hal itu.

2. Jangan mudah tertarik melihat suatu barang hanya karena barang itu bagus.
Tidak perlu khawatir apabila Anda sering lapar mata dan ini sebenarnya adalah hal manusiawi. Hanya saja Anda perlu mengendalikan lapar mata itu. Memang ada banyak barang bagus yang dipajang di etalase toko-toko sekitar Anda, tapi jika Anda sadar bahwa uang Anda terbatas dan masih banyak keperluan yang perlu dipenuhi maka lapar mata Anda tidak akan mempengaruhi perilaku belanja Anda.

3. Jangan mudah tertarik melihat suatu barang hanya karena barang itu didiskon.
Tidak peduli berapapun diskonnya, kalau Anda memang tidak membutuhkan barang tersebut, janganlah membelinya. Pembelian sebuah barang seharusnya terjadi karena adanya kebutuhan, bukan karena adanya potongan harga atau diskon. Pakaian berharga Rp 80 ribu bukan berarti harus dibeli hanya karena harganya didiskon. Ingatlah, diskon dibuat oleh para penjual dibuat agar Anda membeli.
Sifat boros Anda sebenarnya dapat dicegah apabila Anda menginginkannya. Semua tips mengenai hal ini tidak akan memiliki dampak apa-apa jika Anda tidak memiliki niat dan upaya untuk melaksanakannya. Camkanlah ini, hanya diri Anda yang dapat melakukan perubahan terhadap diri Anda sendiri.  

Source : tabloidnova.com

by :Indra putra

Tidak ada komentar: