Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Jumat, 20 Agustus 2010

it's All About The Money

Jika anda ingin punya gaya hidup baru dalam hal keuangan baik anda seorang single maupun berkeluarga, ada 10 tips yang bisa anda ikuti:
1. Simpan kembalian. Semua orang tahu bahwa menabung adalah gaya hidup terbaik jika ingin cepat kaya. Karena itu, terapkan cara menabung sederhana yaitu dengan menyimpan uang kembalian. Jika anda seorang ibu rumah tangga dan setiap kali anda belanja sering dengan uang cash, simpan kembaliannya baik itu receh atau seribuan ke dalam tempat khusus yang tidak akan anda ambil lagi. Cara menabung ala celengan babi ini cukup efektif kalau dilakukan dengan rutin. Di akhir tahun anda bisa menyimpan sampai Rp.500 ribu atau lebih tanpa anda sadari.

2. Kalau anda punya kebutuhan bulanan yang kurang penting seperti jadwal rutin ke salon, jadwal nonton bioskop, jadwal nongkrong di café atau sebagainya, maka anda bisa belajar menghemat dari hal-hal tersebut. Misalnya krimbat 2 minggu sekali bisa diubah menjadi 3 minggu sekali. Seminggu sekali nonton bioskop bersama pasangan bisa diubah jadi 2 minggu satu kali atau tetap seminggu sekali tapi ditempat yang lebih murah, atau cukup menyewa DVD saja dan menikmatinya di malam yang romantis bersama pasangan di rumah. Anda bisa mulai mengecek hal-hal kecil tersebut untuk melakukan banyak penghematan dalam keuangan. Uang yang terhemat bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang jauh lebih mendesak atau bisa ditabung.

3. Lain kali anda tercatat dalam daftar tuan rumah sebuah arisan, pesta keluarga, atau ingin mengadakan pesta ulang tahun atau syukuran, hal pertama yang cukup mengkuatirkan ibu-ibu biasanya adalah berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk makanan. Tapi jangan kuatir. Cobalah pesta ala potluck, alias membawa makanan sendiri dari rumah. Selain menyenangkan karena makanan yang hadir akan bervariasi, anda bisa menghemat jauh sekali namun tetap bisa menjadi tuan rumah yang oke bagi keluarga atau kerabat. Coba deh!

4. Tahukah bahwa dengan siapa anda bergaul dapat menjadi tolak ukur pengeluaran anda? Maksudnya jika anda seorang ibu rumah tangga yang berteman hanya dengan kaum jet set padahal anda sendiri bukan, maka anda akan kewalahan mengikuti gaya hidup mereka. Mereka akan membawa anda spa 2 minggu sekali dan belanja ditempat bermerk. Wah, bisa besar pasak daripada tiang nantinya. Karena itu, usahakan untuk punya pergaulan dari segala kalangan, termasuk yang membawa anda makan siang bersama di warteg jika anda seorang single. Dengan cara ini, tanpa disadari anda bisa berhemat jauh!

5. Siapa bilang segala sesuatu yang baru itu lebih oke dari yang lama? Daripada gatal beli perabotan rumah tangga baru atau membeli baju baru, sesekali coba cat ulang saja perabotan anda, atau bongkar baju-baju lama ibu anda. Siapa tahu membuahkan hasil yang tak kalah bagus dari barang baru? Pergi ke toko loak atau brang bekas juga sebuah petualangan yang seru. Bawa suami/istri anda kesana dan berburuhlah. Bagi para suami, membeli mobil atau motor second bukan hal yang tabu. Jika hati-hati kendaraan second tidak kalah bagus dan anda bisa sekaligus menghemat.

6. Berhentilah menghabiskan uang lebih banyak dari yang anda hasilkan. Untuk bisa memperbaharui keuangan, jadilah tegas terhadap diri sendiri dan berhenti melakukannya, apalagi untuk alasan kesenangan semata seperti belanja contohnya.

7. Tidak ada salahnya membeli barang dengan cara mencicil. Tapi cicilan yang sehat adalah maksimal 20% dari penghasilan bersih anda setiap bulannya. Jika anda mulai mencicil barang dengan jumlah yang lebih dari itu, segera lunasi dan keluar dari gaya hidup seperti itu, apalagi jika anda sudah berumah tangga. Jika anda tidak menghentikannya, maka anda bisa terlilit hutang nantinya. Kasihan anak-anak anda nantinya....

8. Mulai sekarang belajarlah untuk memberi. Jika anda sudah memiliki sebuah keluarga, sisihkan keuangan anda untuk menjadi orang tua asuh terhadap satu dua orang anak yang putus sekolah lewat badan sosial yang bis dipercaya. Kalau anda single, anda bisa tetap menjadi orang tua asuh dengan biaya yang lebih kecil setiap bulannya. Percayalah, ada berkat besar dibalik kebiasaan memberi.

9. Siapa bilang ikut multilevel marketing itu sebuah keputusan yang salah? Dari hampir semua buku keuangan yang best seller di luar sana, rata-rata menganjurkan MLM sebagai alternatif bisnis untuk cepat kaya! Asal MLM-nya terdaftar dan dijalankan dengan baik dan ulet, banyak kesaksian mereka yang berhasil dari sana sangatlah banyak. Dari seorang janda yang menyekolahkan 3 anaknya keluarga negeri, sampai anak 17 tahun yang menjadi jutawan dalam jangka waktu 1 tahun saja. Tertarik?

10. Untuk semua nasehat keuangan, ada satu hal yang terpenting dan harus tetap ada, yaitu persembahan untuk Tuhan. Jangan pernah tinggalkan yang satu ini, dan saksikan bagaimana keuangan anda dan keluarga akan mengalami perubahan dasyat!

sumber:
http://www.jawaban.com/index.php/money/detail/id/81/news/071207134619/limit/0/Its-All-About-The-Money.html

by :Indra putra

Tidak ada komentar: