Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Jumat, 20 Agustus 2010

Hemat Pangkal Kaya

Sebelum Anda mulai menabung, Anda perlu menata pengeluaran Anda terlebih dahulu. Bagaimana cara menatanya? Anda bisa cari di internet, buku, majalah, ataupun sumber lainnya. Anda juga bisa melihat di sini sebagai bahan referensi.
Setelah itu, langkah selanjutnya adalah bagaimana Anda bisa menabung. 


Hal-hal yang harus diperhatikan adalah :
•-         Bila Anda mempunyai hutang, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan segera melunasi hutang Anda, karena akan merugikan Anda dengan bunga-bunganya yang ada.
•-         Berhemat dengan pengeluaran Anda. Misalnya, tiap hari Anda minum kopi di warung tiap hari. Cobalah untuk bawa kopi instan sendiri dan buat sendiri. Jadi setidaknya Anda bisa menghemat Rp.2.000/hr atau Rp. 50.000/bln. Atau bila mau beli pakaian, Anda dapat menunggu waktu ada SALE.
•-         Sisihkan uang di awal bulan dan bertekad untuk tidak memakainya. Karena, sekali Anda pakai, Anda akan tergoda untuk memakainya kembali sampai uang itu habis. Anda akan merasa senang bahwa Anda dapat menyimpan sesuatu untuk masa depan.
•-         Jika Anda mendapatkan gaji per 2 minggu (bukan bulanan), artinya Anda mendapat gaji 2x dalam 1 bulan, maka tentukan satu dari dua tanggal terima gaji itu untuk menyisihkan uang. Jika Anda wiraswastawan, sebaiknya ambil tanggal di tengah bulan untuk menyisihkan uang, di saat Anda tidak membayar tagihan-tagihan.
•-         Letakkan gambar dari benda yang Anda inginkan di tempat dimana Anda sering memandang. Di meja kerja Anda, di dekat kaca, di dinding rumah,di dompet Anda, di manapun. Kemudian kumpulkan uang secara regular selama waktu yang Anda perlukan untuk memberli benda tersebut. Motivasi diri Anda agar bisa mencapai target yang telah Anda tetapkan.
•-         Buka rekening yang tidak bisa Anda sentuh, seperti deposito. Rekening ini biasanya mempunyai bunga lebih tinggi dan Anda tidak dapat mengambil uang kapan saja.
•-         Uang koin yang dikumpulkan, misalnya Rp. 500 setiap hari, dalam sebulan (30 hari) terkumpul Rp. 15.000 dalam setahun (12 bulan) Rp. 180.000 dapat digunakan untuk kebutuhan ekstra lainnya seperti membeli buku tulis anak, hadiah kecil, dan lain sebagainya.
•-         Setiap kali Anda menerima bonus, simpan. Uang ini bukan bagian dari penghasilan regular Anda, sehingga jangan digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun, Anda dapat mempergunakan uang ini untuk melunasi hutang Anda.
•-         Biasakan hidup hemat tanpa harus menderita. Bawa makanan dari rumah, gunakan transportasi umum, berhenti merokok, manfaatkan diskon, tidak sering dalam memanjakan diri maupun keluarga, dan masih banyak lagi.

Source : vivanews/lh3

by :Indra putra

Tidak ada komentar: