Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Senin, 16 Agustus 2010

Arti Terdalam Dari CARE

"Selama saya hidup sesungguhnya tidak ada yang lebih memuakkan dari senyum palsu yang dipaksakan, pujian manis yang kosong, pemanis telinga dan perhatian semu. Semua itu adalah SAMPAH!" - K-ray Cahyadi -
Apakah persahabatan itu? Cobalah tanyakan pada diri Anda masing-masing. Apakah arti persahabatan bagi Anda? Coba Anda renungkan dan carilah jawabannya. Friendship is the cooperative and supportive relationship between people. Persahabatan adalah hubungan kerjasama dan saling mendukung antara manusia. Lalu apakah yang membuat sebuah persahabatan langgeng, bertahan lama,  tetap memiliki kerjasama dan saling mendukung?
Sebuah persahabatan hanya bisa langgeng bila ada saling kepedulian di dalamnya. 

Kata peduli dalam bahasa Inggris adalah Care. Seseorang bisa dianggap peduli apabila dia memiliki Concern, Affection, Acknowledgement, Relationship, Respect dan Enthusiasm.


Concern
Concern sendiri dapat diartikan sebagai "menaruh perhatian yang besar terhadap." Seorang sahabat yang baik tentunya akan menaruh perhatian yang besar sekali terhadap Anda. Entah itu perkembangan diri Anda, perkembangan karir Anda, perkembangan karakter Anda, keadaan Anda. Bahkan seorang sahabat yang baik tidak akan pernah segan menegur Anda supaya Anda sadar dan mengubah cara hidup Anda. Karena sahabat yang terbaik selalu menginginkan segala sesuatu yang terbaik bagi diri Anda (tendency to desire what is best for others). Jadi Anda bukan seorang sahabat yang baik bila Anda belum mengharapkan dan menginginkan yang terbaik bagi sahabat Anda. Memang sahabat yang baik kadang menjadi seorang oposisi bagi pendapat Anda, akan tetapi semua disebabkan atas dasar perhatiannya yang begitu besar kepada Anda.

Affection
Affection sendiri dapat diartikan sebagai kasih. Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran. Seorang sahabat selalu menjadi saudara di dalam kesukaran. Saat Anda merasa lemah atau tidak berdaya ia adalah seorang yang bisa diandalkan. Mungkin tidak banyak yang bisa ia lakukan, tapi ia bisa meminjamkan telinga dan sebagian waktunya untuk melegakan Anda. Beberapa orang mengasihi dengan motif tersembunyi. Seseorang dengan kasih palsu bukanlah seorang sahabat, karena kasih menerima tanpa syarat. Bahkan kasihlah yang menutupi segala pelanggaran.

Acknowledgment
Acknowledgment diartikan sebagai pengakuan. Sahabat yang baik akan mengakui kemampuan Anda, selalu memberikan motivasi yang membangun karakter Anda. Ia tidak iri dengan kelebihan Anda, tapi terus menjadi pengobar semangat Anda dalam meraih mimpi-mimpi Anda. Anda bukanlah sahabat yang baik bila Anda tidak dapat mengakui kelebihan sahabat Anda, iri terhadap kelebihan sahabat Anda, menjatuhkannya dari belakang. Sifat tidak terpuji seperti itu bukanlah sifat seorang sahabat.

Relationship
Relationship dapat diartikan sebagai hubungan. Sahabat yang baik selalu "keep in contact" atau tetap menjaga hubungan. Terlepas dari seberapa jauhnya jarak, terlepas dari seberapa sibuknya pekerjaan. Ia tetap menyediakan waktu khusus untuk sahabat-sahabatnya. Ketika ia bertanya "apa kabar" bukan sekedar rutinitas basa-basi omong kosong atas dasar alasan tata krama, akan tetapi dikarenakan ia memiliki simpati dan empati yang tulus terhadap Anda karena bersungguh-sungguh ingin mengetahui keadaan Anda. Sahabat yang baik tidak hanya menghubungi Anda pada saat dia membutuhkan kemampuan atau keahlian Anda, tetapi seorang sahabat adalah yang tulus tanpa motif tersembunyi. Sebuah hubungan yang baik bukanlah hubungan yang tanpa konflik. Hubungan yang baik adalah hubungan yang bertahan meski ada konflik. Sahabat yang baik tidak akan menunda sebuah konflik, ia akan segera mencari sebuah penyelesaian. Apakah Anda masih berbasa-basi? Atau mungkin masih banyak konflik yang Anda biarkan tidak selesai? Hanya orang yang dewasa dan secure yang berani menyelesaikan masalahnya. Semakin Anda menunda, semakin sulit Anda menyelesaikannya.

Respect
Respect adalah rasa hormat. Sahabat yang baik dapat menghargai perbedaan pendapat. Pendapat yang berbeda, perbedaan sudut pandanglah justru yang memperkaya sebuah persahabatan. Banyak sekali orang menjadi begitu overprotektif dan skeptis ketika menemukan perbedaan. Perbedaan menjadi sumber konflik, apalagi perbedaan kepentingan. Sahabat yang baik, bahkan kadang mampu membunuh egonya karena menghargai kepentingan sahabatnya. Bila Anda tidak bisa menghargai pendapat dan kepentingan sahabat Anda, buanglah label Anda sebagai seorang sahabat. Menghargai juga berarti toleransi. Bila Anda tidak bisa menghargai orang lain, cobalah Anda berkaca. Orang yang tidak bisa menghargai orang lain sebenarnya disebabkan karena ia tidak bisa menghargai dirinya sendiri.

Enthusiasm
Enthusiasm dapat diartikan sebagai antusiasme. Sahabat yang baik adalah sahabat yang menjadi sumber antusiasme. Seorang sumber antusiasme sendiri adalah seorang yang menginspirasi. Sahabat yang baik selalu menjadi inspirasi hal yang positif. Saling menginspirasi, memberikan motivasi. Sahabat yang baik menjadi inspirasi entah dalam cara berpikir, nilai-nilai, pembangunan karakter. Jadi bila seorang sahabat hanya menyedot semangat Anda menjadi loyo, kehabisan ide, membuat Anda jadi mampet inspirasi, membunuh semangat Anda, membuat antusiasme Anda dalam menjalani hidup menjadi berkurang, dapat dipastikan ia bukanlah sahabat yang baik.
Anda ingin memiliki sahabat yang baik? Anda ingin dikelilingi orang-orang luar biasa? Semua itu hanyalah mimpi belaka bila Anda tidak CARE. Memang betul tidak semua orang wajib Anda jadikan sahabat, diperlukan hikmat dalam menaruh kepercayaan Anda kepada seseorang. Namun, semua cita-cita Anda memiliki sahabat yang luar biasa adalah omong kosong bila tidak memiliki perhatian yang besar (concern), kasih sayang dan pengakuan (affection & acknowledgment), hubungan dan penghargaan (relationship And respect), membangkitkan antusiasme (enthusiasm) bagi teman-teman Anda. Jadilah sahabat yang luar biasa, niscaya Andapun akan dikelilingi sahabat-sahabat yang luar biasa. Ingatlah the golden rule: "Treat others as you want to be treated." (Lakukan kepada mereka sebagaimana kamu ingin diperlakukan). Berhentilah memakai topeng. Be true to your friends, be true to your family, be true to yourself, be true to God.
Resapi, renungkan dan praktekkan. Karena perubahan memerlukan tindakan. Ciao.

Source : Cahyadi Tanujaya

by :Indra putra

Tidak ada komentar: