Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Rabu, 17 Agustus 2011

Mudah Panik? Olahragalah




KlikDokter.com – Anda mudah stres? Sering mengalami kepanikan atas dasar masalah sepele? Berolahragalah. Temuan terakhir menunjukkan bahwa tingkat tinggi dalam aktivitas fisik secara teratur dapat menjadi hal yang berguna untuk mencegah kepanikan dan gangguan lain yang terkait. Salah satu cara menyalurkan aktivitas fisik teratur adalah dengan berolahraga.
“Orang yang memiliki kepanikan tinggi akan merasakan mual, jantung berdebar kencang, sakit perut, dan sesak nafas. Hal ini dekenal sebagai “sensitivitas kecemasan tinggi”. Kepanikan dan kecemasan akan bereaksi dan merangsang otak setelah terlibat dalam tingkat aktivitas fisik yang jarang mereka alami,” kata seorang peneliti dari Southern Methodist University di Dallas.
Studi ini juga menunjukkan bahwa faktor risiko kepanikan semacam ini mungkin akan tidak berpengaruh pada orang-orang yang secara rutin terlibat dalam tingginya tingkat aktivitas fisik. Olahraga teratur adalah alternatif dan strategi untuk mengobati kepanikan atau kecemasan.
“Sudah banyak bukti yang baik, bahwa olahraga dapat membantu orang-orang yang menderita masalah depresi dan kecemasan,” kata penelitian.
Lanjutnya, “kami tidak menyarankan latihan farmakoterapi atau psikoterapi dalam mencegah kecemasan atau kepanikan. Namun, olahragalah alternatif yang sangat baik dan bermanfaat,” ujar Smits peneliti sekaligus psikolog dari Oxford University.
Smits melaporkan temuannya dalam sebuah artikel The Interplay Between Physical Activity and Anxiety Sensitivity in Fearful Responding to Carbon Dioxide Challenge, yang dipublikasikan secara online di jurnal ilmiah obat psikosomatis. Bahwa memang olahraga bermanfaat mengurangi rasa cemas dan kepanikan. Karena saat berolahraga organ fisik kita semua bergerak, hal ini sangat berpengaruh pada psikis dan pikiran cemas seseorang.[](SN)
by :Indra putra

Tidak ada komentar: