Pasang Iklan hubungi Indra 02191872929

Pasang Iklan link perusahaan di informasi komersial Rp 75,000 /bulan

Pasang Iklan Sponsor Perusahaan Rp 100,000 /bulan


Info Hubungi Indra: 021 9187 2929-0813 9809 1829


Kamis, 16 September 2010

Menjadi Populer dihari pertama anda bekerja

Siapa pun itu, termasuk bos Anda, pasti pernah merasakan groginya jadi anak baru. Mumpung masih ada waktu sebelum masuk kerja, kuasai jurus sakti. Berikut adalah beberapa yang harus Anda siapkan sebelum masuk kerja:

1. Datang Tepat Waktu
Cobalah untuk datang sebelum waktu yang ditentukan. Selain terlihat bersemangat kerja, Anda juga memiliki nilai plus dalam kedisiplinan.

2. Berpakaian Tepat
Pilihlah busana yang rapi dan sopan sesuai dengan standar yang berlaku di perusahaan, tak perlu menggunakan aksesori berlebih. Tampil sewajar mungkin.

3. Makeup Natural
Ini merupakan komponen penting agar terlihat segar. Jangan biarkan wajah Anda diselimuti minyak atau keringat. Tak perlu tebal, usahakan senatural mungkin di hari itu.

4. Murah Senyum
Sebanyak apa pun kejadian yang menyebalkan, usahakan tetap tersenyum pada siapa saja yang Anda temui di kantor baru. Senyum memberikan kesan ramah dan menghargai.

5. Kenalkan Diri
Sebutkan nama Anda, jabatlah tangan rekan, dan lihatlah matanya. Ini membuat Anda tampil percaya diri.

6. Ingat Nama Rekan Kerja
Usahakan untuk mengingat semua nama rekan kerja. Sebutkan nama saat menyapa atau bertanya. Ini membuat mereka merasa lebih dihargai.

7. Perhatikan Bahasa Tubuh
Posisi tegap saat berdiri atau duduk, menunjukkan sikap yang sigap. Jangan sampai menopang dagu atau terlalu sering duduk bersandar karena akan terlihat bermalas-malasan.

8. Kendalikan Sikap
Bersikaplah sewajar mungkin. Menunjukkan sikap manja, atau emosional bisa memberi kesan tidak dewasa.

9. Respon Wajar
Jawablah pertanyaan rekan jika ditanya, singkat saja, tak perlu ada curhat colongan. Jika ada yang melucu, berusalah untuk tidak tertawa terlalu keras.

10. Membawa Dokumen Lengkap
Walau tidak diminta, bawalah dokumen  penting, seperti CV, atau surat penerimaan kerja. Jika tiba-tiba diperlukan, tak ada alasan tak membawa.

11. Ikuti Aturan Main
Pahami dan patuhi aturan yang berlaku di perusahaan.

12. Catat dan Pahami Gambaran Pekerjaan
Setelah acara perkenalan, biasanya akan ada penjelasan mengenai job desc. Catat apa saja yang harus Anda lakukan.

13. Siapkan Peralatan Kerja Pribadi
Usahakan tidak meminjam pulpen atau kertas, karena bisa dikira Anda tak siap kerja. Jika ada, bawalah laptop kesayangan biar terlihat lebih serius.

14. Kerjakan Tugas
Pahami dan segera kerjakan apa yang harus dikerjakan saat itu.

15. Cari "Mentor"
Kenali siapa saja yang bisa membimbing Anda mengerjakan pekerjaan baru. Carilah rekan kerja yang asyik diajak bicara, berbagi informasi, dan mengerti tentang tugas Anda.

16. Jangan Mengeluh
Tak perlu komentar tentang ruang kerja yang kecil atau banyaknya pekerjaan, bisa-bisa Anda dianggap lancang dan tidak sopan.

17. Berani Bertanya dan Inisiatif
Jangan bertanya saat Anda tidak mengerti saja, tanyakan juga tentang apa saja yang mesti Anda kerjakan selanjutnya.

18. Menjadi Pendengar yang Baik
Ingatlah apa yang dikatakan atau diceritakan oleh rekan kerja. Jangan sampai Anda bertanya tentang hal yang sudah dijelaskan sebelumnya.

19. Jalin Komunikasi
Jangan ragu untuk membuka percakapan. Keakraban dimulai dari sebuah percakapan kecil, asal jangan melontarkan pertanyaan yang terlalu pribadi.

20. Libatkan Diri
Saat rekan lain membicarakan pekerjaan, cobalah untuk melibatkan diri. Tunjukkan bahwa Anda bisa bekerja di dalam tim.

21. Helpful

Usahakan untuk tidak menolak pekerjaan. Tunjukkan penghargaan dengan kemauan membantu.

22. Ucapkan 3 Kata Sakti
Selalu ucapkan kata, "tolong, maaf, dan terima kasih."

23. Lupakan Facebook atau Twitter
Sejenak lupakan Facebook dan Twitter. Kalaupun boleh, jangan lakukan di hari pertama.

24. Pulang Sedikit Terlambat
Jika memang pekerjaan ini penting, tunjukkan bahwa Anda menikmatinya.

(Ayunda Pininta Kasih/Majalah Chic)
by :Indra putra

Tidak ada komentar: